Kamis, September 13, 2007

barcode untuk linux

posting by moelk's

Saat ini, kita dengan mudah menjumpai barang yang dijual di toko menggunakan barcode untuk menunjukan "identitas" barang tersebut. untunglah ada program barcode untuk opensource yaitu linux. program ini dibuat oleh para "mbahnya" GNU yang sangat berguna karena dapat menghasilkan barcode dengan berbagai encoding. dan hasilnya dapat disimpan dalam format postscript.

program ini dapat dipanggil dengan menyertakan berbagai parameter. bila ingin memanggil barcode dari shell script, setelah itu, kode untuk barcode bisa kamu tentukan melalui parameter ataupun file yang lain. barcode yang dihasilkanpun bisa dimasukan ke dalam file postscript terpisah atau digabungkan dalam satu file. kamu pun dapat menentukan ukuran kertas untuk berbagai kode dari barang yang diinginkan.

untuk satu encoding saja, output yang dihasilkan masih dapat dikustomisasi. ukuran barcode dan kelengkapan barcode adalah dua contoh kustomisasi barcode. encoding standar yang didukung oleh program ini yaitu EAN, UPC, ISBN, code 128-B, code 128-C, code 128 raw, code 128, code 39, codebar, Plessey, MSI, dan code 93.

dengan program ini, kamu dapat membuat barcode sendiri sesuai dengan kode kamu. cara penggunaanya sangat mudah, kamu dapat melewatkan sebuah string ke program barcode dan menyimpan outputnya kedalam 1 file. postscript tersebut dapat dibuka dengan program GNOME Ghostview. sebagai contoh bila kamu pengin mendistribusikan kepada temen kamu, kamu dapat mengkonversi file .ps kedalam format PDF melalui prgram ps2.pdf

SIFAT: FREE
LISENSI : GPL
PENGEMBANG: ALESSANDRO R
SITUS: http://ar.linux.it/pub/barcode/




0 komentar:

Posting Komentar

silahkan isi