Jumat, Februari 27, 2009

istilah

posting by moelk's

Apa perbedaaan multitasking dan multithreading?
Mulitasking adalah suatu teknik yang digunakan beberapa sistem operasi agar beberapa aplikasi dapat berjalan sekaligus.

Teknik multithreading adalah sebuah aplikasi yang dapat membagi pekerjaannya kepada beberapa prosesor yang ada.

Meskipun pada mulanya multithreading hanya bisa digunakan untuk komputer dengan multiprosesor, pada perkembangannya beberapa sistem operasi memungkinkan aplikasinya menggunakan teknik tersebut meskipun hanya satu prosesor


Apa yang dimaksud dengan Win32?
Win32 adalah singkatan dari Windows 32 bit, yaitu aplikasi 32 bit yang berbasis Windows yang artinya sistem operasi tersebut menggunakan sistem pengalamatan dan intruksi dengan lebar 32 bit.

pa yang dimaksud dengan Windows API dan Win32 API?
Windows API (Application Progamming Interface) merupakan kumpulan fungsi yang disediakan MicroSoft bagi pemrogram untuk membuat aplikasi berbasis Windows. Karena sebagian besar program sumber dari sistem operasi Windows ditulis dengan C, maka fungsi-fungsi Windows API jua disesuaikan dengan bahasa C. Jadi bahasa selain C/C++ harus menyesuaikan diri bila ingin menggunakan Windows API.
Sebagai contoh bahasa Delphi yang menggunakan Pascal bisa memanggil fungsi-fungsi di Windows API tetapi harus dengan format C
Contoh
procedure Tform1.FormPaint (Sender:Tobject);
var
dc :HDC; //handle device
//identik dengan tipe data HDC di C/C++
Canvas.MoveTo(0,0);
Canvas.LineTo(100, 100);



Win32 API juga sama seperti diatas akan tetapi dikhsususkan untuk Windows 32 bit.

Apa yang dimaksud dengan OWL
OWL singkatan dari Object Windows Library merupakan salah satu implementasi Windows API ke C++ dengan cara membentuk kelas-kelas. Sebagai contoh untuk membuat jendela di OWL digunakan kelas Twindows, untuk membuat tombol digunakan kelas TButton.

Menariknya OWL adalah nama-nama fungsi di OWL hampir semuanya sama dengan nama fungsi Windows API meskipun paramaternya kadang berbeda.







0 komentar:

Posting Komentar

silahkan isi